Rabu, 05 Desember 2012

Masjid Wazir Khan Lahore, Pakistan



Masjid Wazir Khan berada di kota Lahore, propinsi Punjab, Republik Islam Pakistan, kota yang sama dengan Masjid Badshahi (1671-1673) yang telah di ulas dalam artikel sebelumnya di blog ini. Jarak antara kedua masjid bersejarah ini hanya terpisah lebih kurang satu kilometer saja, namun Masjid Wazir Khan dibangun 36 tahun lebih dulu dibandingkan Masjid Badshahi.

Masjid Wazir Khan, masjid peninggalan dinasti Mughal, dibangun oleh Shaikh Ilm-ud-din Ansari pada tahun 1634-1635,  Shaikh Ilm-ud-din Ansari berasal dariChiniot, sebuah kota kecil di wilayah Punjab, kala itu beliau menjabat sebagai gubernur Lahore sampai tahun 1639 di bawah kekuasaan Raja Shah Jehan.Shaikh Ilm-ud-din Ansari lebih dikenal oleh rakyat Lahore sebagai Nawab Wazir Khan. Kata Wazir dalam bahasa urdu bermakna Menteri. Itu sebabnya masjid ini dikenal dengan nama Masjid Wazir Khan, mengabadikan namanya yang membangun masjid ini.  Keseluruhan proses pembangunan masjid ini selesai pada tahun 1641.

Sesungguhnya masjid ini dibangun diatas teratak bangunan madrasah yang dibina dan dikelola oleh Syed Muhammad Ishaq Gazruni yang dikenal sebagaiMiran Badshah, seorang ulama yang berasal dari Iran, datang ke Lahore untuk mensyiarkan Islam dimasa pemerintahan Dinasti Tughluq dan wafat di tahun 786H/1386M, makam beliau kini berada di bagian dalam pekarangan tengah masjid ini. Beliau merupakan murid dari Ahduddin Kirmani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

▲Top▲